Portal Informasi STAN Nomor 1

ikatan dinas stan

STAN sekolah Ikatan Dinas

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

STAN itu masih ikatan dinas gak sih??

Posted on | February 3, 2012 | No Comments

STAN itu masih ikatan dinas gak sih??? Mungkin pertanyaan ini jadi pemikiran siswa-siswi kelas XII SMA yang ingin melanjutkan kuliah dan menempatkan STAN sebagai pilihannya. Terutama bagi mereka yang sudah diterima di PTN/PTS, atau di salah satu PTK di Indonesia.

Yang selalu bikin bingung mungkin salah satunya kata-kata yang digunakan pada Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pengumuman USM STAN, disitu disebutkan bahwa “Lulusan Program Diploma III dan I Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dapat/direncanakan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementrian Keuangan atau Instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun di daera

Tentunya kata-kata ini sangat rancu jika dikaitkan dengan status Ikatan Dinas yang dimiliki STAN. Sehingga banyak isu dan spekulasi yang beredar baik di Luar STAN, dan bahkan di lingkungan STAN itu sendiri berkaitan dengan masalah dapat/direncanakan untuk diangkat ini.

Untuk itu, daripada kita berspekulasi tentang istilah ini itu, ada baiknya kita langsung telusuri peraturan-peraturan perundang-undangan mengenai ikatan dinas STAN, dan tatacara Pengangkatan CPNS lulusan STAN.

Ada dua peraturan berkaitan dengan masalah ini. Peraturan yang pertama yaitu Keputusan Menteri Keuangan (KMK) no 289/KMK.014/2004 tentang KETENTUAN IKATAN DINAS BAGI MAHASISWA PROGRAM DIPLOMA BIDANG KEUANGAN DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN, dan juga Peraturan Menteri Keuangan NOMOR 18/PMK.01/2007 tentang TATA CARA PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN II DARI LULUSAN PROGRAM DIPLOMA I DAN III KEUANGAN SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN. Peraturan tersebut dapat anda dowload, kalo mau tau dimana alamat downloadnya, tanya sama mbah gugel. Karena dengan anda membuka website ini saya anggap anda sudah mengerti setidaknya bagaimana mencari informasi di Internet.

Baik, pertama yang akan sedikit kita bedah adalah KMK no 289, tentunya kita hanya membedah bagian-bagian yang berkaitan dengan status Ikatan Dinas saja, karena kalo di bedah semuanya, yang nulis bisa capek dan berkurang ketampanannya. Pertama yaitu poin pada pasal 4 ayat (2) yang berbunyi

Mahasiswa wajib menandatangani ikatan dinas pada Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah. Jadi, sebelum anda menempuh perkuliahan di STAN, anda akan terlebih dahulu disodori perjanjian untuk bersedia untuk bekerja dan ditempatkan di tempat-tempat strategis di seluruh Indonesia. Jadi ini merupakan indikasi pertama bahwa anda harus bersedia bekerja dan ditempatkan dimanapun di Indonesia.

Poin selanjutnya yaitu pada pasal 6 ayat (1) dan pasal 7 yang berbunyi
Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan, kecuali lulusan yang berasal dari mahasiswa tugas belajar, diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil padaDepartemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah menurut ketentuan kepegawaian yang berlaku.

Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan wajib bekerja pada Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun daerah. Jadi dari poin ini jelas bahwa lulusan STAN diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Depkeu, atau sekarang yang sudah berganti nama menjadi Kemkeu. Tapi masih CPNS tu???? Jadi yang dimaksud CPNS itu adalah peserta tes CPNS yang telah dinyatakan lulus tes namun belum mengikuti diklat Pra Jabatan. Inilah yang disebut CPNS.

Sedangkan lama wajib kerja adalah selama 3 kali + 1 masa pendidikan. Pasal 8 ayat (1) yang berbunyi
Masa wajib kerja bagi Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan adalah selama 3 (tiga) tahun untuk setiap tahun atau bagian tahun dan masa pendidikanyang secara nyata dijalani, ditambah 1 (satu) tahun, terhitung sejak yang bersangkutan melaksanakan tugas secara nyata.Itu merupakan poin-poin penting yang berkaitan dengan status kedinasan STAN berdasarkan KMK no 289.

Selanjutnya mari kita  perhatikan status kedinasan dan bagaimana tatacara penerimaan CPNS lulusan STAN berdasarkan PMK no 18 tahun 2007.
Pasal 5 (1)
Sekretaris Jenderal bertanggung jawab untuk mendapatkan formasi bagi mahasiswa Program Diploma I dan III Keuangan yang diperkirakan akan lulus dari Program Diploma I dan III Keuangan, sesuai kebutuhan unit-unit eselon I di lingkungan Departemen Keuangan, melalui Badan Kepegawaian Negara danMenteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
Formasi adalah jumlah dan susunan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang diperlukan dalam suatu satuan organisasi negara untuk melaksanakan tugas pokok dalam jangka waktu tertentu klik Syarat Pendaftaran STAN untuk melihat syarat-syarat masuk STAN

Sumber Himamira-STAN

Buat kamu yang ingin membeli buku Latihan SOAL USM STAN bisa klik disini, untuk membeli paket tryout STAN yang bisa dikerjakan kapanpun dan sangat membantu kamu untuk belajar tentang STAN silahkan klik disini, atau ingin mengikuti tryout nasional STAN terdekat bisa Klik Disini

"

Comments

Leave a Reply





'