Portal Informasi STAN Nomor 1

SNMPTN jalur Undangan

SNMPTN Undangan

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Syarat SNMPTN Jalur Undangan

Posted on | April 5, 2012 | No Comments

SNMPTN memiliki ragam variasi dalam merekrut para lulusan SMA untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi favorit. Mulai dari jalur PMDK, tes tertulis, jalur mandiri, dan yang belum lama ini diterapkan oleh panitia SNMPTN adalah jalur undangan. Jalur undangan ini mirip dengan PMDK, hanya saja jika PMDK yang aktif mendaftar adalah siswa SMA kelas 3, kalau jalur undangan yang aktif adalah panitia SNMPTN, yakni dengan cara mencari bibit-bibit ungggulan dari sekolah menengah atas untuk kemudian direkrut untuk menjadi mahasiswa. Kriteria utama untuk dapat diterima melalui jalur undangan ini adalah konsistensi dalam mempertahankan prestasi akademis yang dapat dilihat dari nilai rapor.

Nah, bagi yang saat ini masih duduk di bangku kelas 1 dan 2 SMA dan kelak berminat untuk menjadi mahasiswa melalui jalur undangan ini, informasi tentang jalur undangan tahun 2012 ini dapat digunakan sebagai acuan dan pemicu semangat belajar agar bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Jadwal SNMPTN Undangan Tahun 2012

Pendaftaran SNMPTN jalur undangan tahun ini dibuka mulai 1 Februari dan berakhir pada 8 Maret 2012 sampai pukul 22.00 WIB. Seleksi melalui jalur ini akan dilakukan pada 9 Maret sampai 15 Mei 2012 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB. Sedangkan bagi yang lolos seleksi, diwajibkan melakukan pendaftaran ulang pada 12-13 Juni 2012.

Untuk persyaratan yang bersifat teknis, baik persyaratan umum maupun khusus, berikut ini adalah kutipan mengenai persyaratan jalur undangan dari website resmi snmptn:

2. Ketentuan Umum dan Persyaratan

2.1.    Ketentuan Umum

  1. Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.
  2. Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
  3. Sekolah yang berhak mengikuti  jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan .
  4. Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.
  5. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.

2.2.    Persyaratan Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

2.3.    Persyaratan Siswa Pelamar

  1. Pendaftaran
    1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012.
    2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
      1. Akreditasi A      : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      2. Akreditasi B        : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      3. Akreditasi C        : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      4. Lainnya          :   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.

    1. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
    2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
    3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  1. Penerimaan Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

3. Program Studi dan Jumlah Pilihan

  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedurseleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

4. Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa.

5. Mekanisme Seleksi
Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

  • Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.

Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.

info dan rekomendasi cara belajar menghadapi USM STAN klik disini
lebih siap menghadapi USM STAN klik disini
info pendaftaran stan 2012/2013
diskusi dan latihan sekolah ikatan dinas
"

Comments

Leave a Reply





'