Portal Informasi STAN Nomor 1

Tari Balumpa

Balumpa

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Tari Balumpa

Posted on | July 19, 2014 | No Comments

Tari Balumpa

 

Tari Balumpa merupakan salah satu tarian yang berasal dari Sulawesi Tenggara sendiri, dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian tersebut mempunyai suatu hal dan juga makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, sehingga pada jenis-jenis tarian tertentu ada yang sangat terkenal pada kalangannya sendiri, ada juga yang kurang terkenal kerena beberapa gerakan yang belum pernah terlihat atau terkesan kaku sama sekali. Dalam hal ini sendiri tarian merupakan sesuatu yang bisa disebut dengan seni, karena seperti yang kita tahu bahwa tarian ini memperlihatkan beberapa hal yang sangat identik dengan keindahan dari beberapa gerakan yang dibuatnya beserta dengan hal yang lain juga.

Tarian ini sendiri merupakan tarian yang sering digunakan dalam beberapa acara yang biasanya diadakan pada daerah ini sendiri, hal ini bisa saja pada acara pernikahan, acara adat istiadat ataupun acara keagamaan serta juga acara ritual yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang juga. Pada daerah ini sendiri hampir sama dengan daerah yang ada pada Jawa sendiri, dimana terkadang beberapa gerakan yang ada merupakan gerakan yang penuh dengan tanda Tanya dan masih menyimpan misteri pada beberapa gerakan yang dilakukan oleh penari itu sendiri. bahkan terkadang kita bisa takjub akan beberapa gerakan tarian yang dilakukan tanpa sadar oleh penari tersebut karena terkadang adanya kekuatan mistis pada beberapa tarian tersebut.

Selain daripada itu tarian-tarian tersebut juga menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang ada di sekitar daerah tersebut sendiri, hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang memang menggemari tarian-tarian yang ada dan ingin melihatnya secara dekat karena daya tarik dari beberapa gerakan yang ada pada tarian tersebut. Beberapa tarian yang ada pun sering menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang melihatnya karena adanya gerakan pada tarian tersebut disertai dengan irama yang ada membuat suatu tarian tersebut menjadi terlihat lebih indah dan juga lebih menarik dibandingkan kesenian yang lainnya.

Tarian-tarian yang ada pada daerah ini sendiri adalah terdiri dari Tari Molulo, Tari Balumpa, Tari Honari Mosega, Tari Dinggu dan Tari Balumpa. Semua tarian yang ada di atas sendiri merupakan tarian yang mempunyai berbagai macam arti dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat melakukan tarian itu sendiri. seperti halnya mungkin beberapa gerakan itu terbuat karena ketidaksengajaan ataupun terkadang bisa dapat berupa kesengajaan dari orang untuk membuat kesenian tersebut menjadi lebih indah dan menarik untuk dilihat. Tarian-tarian yang ada pun pada saat ini harus benar-benar dipelajari agar nantinya generasi muda yang berikutnya bisa lebih mempelajari beberapa gerakan yang ada dan membuat suatu kreasi yang baru pada tarian-tarian yang sudah ada sebelumnya.

1.    Tari Balumpa

 Tarian Balumpa, dimana tarian ini sendiri merupakan tarian yang cukup terkenal di daerah tersebut, sehingga menjadi salah satu warisan dari daerah ini yang harus terus kita jaga dan juga kita lestarikan keberadaannya sendiri. Tarian ini sendiri berasal dari kabupaten Wakatobi, daerah Binongko dan Buton. Dimana tarian ini sendiri menggambarkan kegembiraan seorang penari pada saat bentuk penyambutan atas kedatangan dari tamu luar negeri yang datang ke daerah mereka. Tentu saja kita thu bahwa dengan hal ini tarian ini menjadi salah satu tarian yang sangat terkenal di daerah itu sendiri.

Tarian ini sendiri menceritakan tentang sekolompok gadis cantik yang sedang berdendang dengan diiringi lagu music daerah yang ada pada saat itu dengan menggunakan alat music gambus. Keindahan dari tarian ini sendiri terlihat pada saat penari sedang melakukan dendang dengan hati yang tulus dan juga memahami makna gerakan yang telah mereka lakukan tersebut. tarian ini sendiri biasanya dibawakan oleh 6 sampai dengan 8 orang. Dalam hal ini ada yang berpasangan laki-laki dengan perempuan dan ada juga yang perempuan dengan perempuan. Tarian ini sendiri di daerahnya adalah sebagai saat penyambutan datangnya tamu agung dari luar dan juga dalam negeri. Dan untuk biasanya tarian ini bisa kita lihat pada sail wakatobi, sail Indonesia dan juga sail Bunaken.

 

"

Comments

Leave a Reply





'