Tari Radap Rahayu

Tari Radap Rahayu

 

Tari Radap Rahayu merupakan salah satu tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan sendiri, dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian tersebut mempunyai suatu hal dan juga makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, sehingga pada jenis-jenis tarian tertentu ada yang sangat terkenal pada kalangannya sendiri, ada juga yang kurang terkenal kerena beberapa gerakan yang belum pernah terlihat atau terkesan kaku sama sekali. Dalam hal ini sendiri tarian merupakan sesuatu yang bisa disebut dengan seni, karena seperti yang kita tahu bahwa tarian ini memperlihatkan beberapa hal yang sangat identik dengan keindahan dari beberapa gerakan yang dibuatnya beserta dengan hal yang lain juga.

Tarian ini sendiri merupakan tarian yang sering digunakan dalam beberapa acara yang biasanya diadakan pada daerah ini sendiri, hal ini bisa saja pada acara pernikahan, acara adat istiadat ataupun acara keagamaan serta juga acara ritual yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang juga. Pada daerah ini sendiri hampir sama dengan daerah yang ada pada Jawa sendiri, dimana terkadang beberapa gerakan yang ada merupakan gerakan yang penuh dengan tanda Tanya dan masih menyimpan misteri pada beberapa gerakan yang dilakukan oleh penari itu sendiri. bahkan terkadang kita bisa takjub akan beberapa gerakan tarian yang dilakukan tanpa sadar oleh penari tersebut karena terkadang adanya kekuatan mistis pada beberapa tarian tersebut.

Selain daripada itu tarian-tarian tersebut juga menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang ada di sekitar daerah tersebut sendiri, hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang memang menggemari tarian-tarian yang ada dan ingin melihatnya secara dekat karena daya tarik dari beberapa gerakan yang ada pada tarian tersebut. Beberapa tarian yang ada pun sering menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang melihatnya karena adanya gerakan pada tarian tersebut disertai dengan irama yang ada membuat suatu tarian tersebut menjadi terlihat lebih indah dan juga lebih menarik dibandingkan kesenian yang lainnya.

Tarian-tarian yang ada pada daerah ini sendiri adalah terdiri dari Tari Kuda Gepang, Tari Tandik, Tari Babangsai, Tari Baksa Kembang, dan Tari Radap Rahayu. Semua tarian yang ada di atas sendiri merupakan tarian yang mempunyai berbagai macam arti dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat melakukan tarian itu sendiri. seperti halnya mungkin beberapa gerakan itu terbuat karena ketidaksengajaan ataupun terkadang bisa dapat berupa kesengajaan dari orang untuk membuat kesenian tersebut menjadi lebih indah dan menarik untuk dilihat. Tarian-tarian yang ada pun pada saat ini harus benar-benar dipelajari agar nantinya generasi muda yang berikutnya bisa lebih mempelajari beberapa gerakan yang ada dan membuat suatu kreasi yang baru pada tarian-tarian yang sudah ada sebelumnya.

1.   Tari Radap Rahayu

 Tarian Radap Rahayu merupakan salah satu tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan, dimana tarian ini mempunyai berbagai sejarah yang harus kita ketahui dan juga pelajari dengan baik agar kita dapat lebih mengerti bagaiman tarian ini sendiri seadanya. Asal muasal dari tarian ini sendiri adalah ketika kapal prabu yaksa yang ditumpangi oleh patih lambung mangkurat yang pulang pada saat itu ketika mengunjungi kerajaan majapahit, ketika pada saat itu ingin memasuki sungai barito kapal mereka kandas di tengah jalan dan pada saat itu perahu mereka pun menjadi goyang dan hampir saja terbalik. Pada saat itu sendiri patih yang melihat hal tersebut lalu meminta tolong kepada Yang Maha Kuasa, lalu turunlah 7 bidadari dengan tarian radap-radap dan kapalpun kembali menjadi normal.

Tarian ini sendiri pun biasanya dilakukan pada saat acara penobatan raja ataupun acara-acara besar lainnya. Tarian ini sendiri pun sangat identik dengan 7 bidadari tadi yang telah menyelamatkan kapal yang sudah hampir jatuh dan bisa kembali ke posisi yang normal lagi, tentu saja hal ini merupakan suatu hal yang sangat ajaib juga. Selain daripada acara-acara tersebut, dapat juga berupa acara perkawinan yang ada dan juga upacara memalas banua sebagai tapung tawar untuk keselamatan dari para masyarakat yang ada sendiri.

 

This entry was posted in artikel umum. Bookmark the permalink.