Portal Informasi STAN Nomor 1

Teknik-teknik Pencak Silat

teknik Pencak Silat

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Teknik-teknik Pencak Silat

Posted on | May 17, 2014 | No Comments

Teknik-teknik Pencak Silat

 

Pencak silat tentunya bukan lagi istilah yang baru bagi kita semua. Olahraga bela diri yang satu ini merupakan olahraga yang telah lama berkembang, khususnya di wilayah Asia. Pencak silat sekarang ini juga telah dipertandingkan secara internasional di berbagai ajang.

Namun, terlepas dari semua itu setiap orang bisa secara bebas melakukan bentuk olahraga ini. Bagi anda yang tertarik pada olahraga ini dan ingin mengembangkan diri anda, anda bisa mempelajari beberapa teknik-teknik pencak silat.

Namun, sebelum kita membahas hal tersebut, sebaiknya kita bahas sedikit mengenai pencak silat, sehingga anda mendapatkan gambaran seperti apa olahraga bela diri ini berlangsung atau dilakukan.

Istilah silat pada umumnya dikenal secara luas di Asia Tenggara. Akan tetapi, di Indonesia sendiri lebih banyak digunakan istilah pencak silat. Istilah ini telah digunakan sejak 1948 untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang berkembang di Indonesia.

Pada dasarnya, olahraga ini merupakan olahraga yang membutuhkan banyak konsentrasi. Di dalam seni bela diri ini sendiri, sudah banyak ditemukan campuran budaya Cina, agama Hindu, Buddha dan Islam.

Di Indonesia sendiri, biasanya terdapat aliran pencak silat yang khas. Misalnya di daerah Jawa Barat yang dikenal dengan adanya aliran Cimande dan Cikalong. Sedangkan di Jawa Tengah terkenal dengan aliran merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran perisai Diri.

Setiap 4 tahun sekali di Indonesia, biasanya diadakan pertandingan pencak silat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA GAMES sejak tahun 1987. Di luar Negara Indonesia, negar asing lain seperti Australia, Belanda, Jerman dan Amerika juga banyak melakukan pencak silat.

Di tingkat nasional, permainan ini merupakan salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa dan menjadi identitas bangsa. olahraga ini juga telah dipertandingkan dalam skala internasional.

1.      Sikap pasang

Sikap pasang, yaitu kombinasi sikap kaki dan tangan dengan posisi kuda-kuda atau tanpa kuda-kuda yang diikuti dengan kesiagaan mental dan indera secara total.Ditinjau dari penggunaannya, sikap pasang terdiri atas berikut :

–   Sikap pasang terbuka, yaitu sikap pasang dengan tangan, dada, lengan tidak melindungi tubuh.

–  Sikap pasang tertutup, yaitu dengan sikap tangan dan lengan melindungi tubuh

Adapun berbagai macam sikap pasang, di antaranya adalah :

a.  Sikap pasang satu

 Sikap pasang satu bisa anda lakukan dengan cara :

–   Sikap kuda-kuda tengah ke belakang.

–  Berat badan di tengah dan posisi kanan dan kiri sejajar.

–   Posisi kedua tangan di depan dada dengan telapak tangan dibuka.

b.   Sikap pasang dua

 Sikap ini dilakukan dengan :

–   Posisi kaki kuda-kuda tengah serong.

–    Tangan kiri di depan dada dengan jari-jari tangan dibuka.

–      Tangan kanan juga diletakkan di depan dalam keadaan mengepal

c.  Sikap pasang tiga

Merupakan sikap yang dilakukan dengan cara :

–    Posisi kaki dengan kuda-kuda samping lutut kanan ditekuk dan kaku kiri lurus.

–     Tangan kanan lurus dengan jari-jari dibuka dan tangan kiri menyilang di depan dada telapak tangan juga dibuka atau posisi sebaliknya.

2. Istilah yang biasa digunakan

 Istilah silat pada umumnya dikenal secara luas di Asia Tenggara. Akan tetapi, di Indonesia sendiri lebih banyak digunakan istilah pencak silat. Istilah ini telah digunakan sejak 1948 untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang berkembang di Indonesia.

Secara umum, ada beberapa istilah penting dalam pencak silat, yaitu :

–   Kuda-kuda merupakan posisi menapak kaki untuk memperkokoh posisi tubuh

–   Sikap dan gerak merupakan sistem yang terdiri atas sikap atau posisi dan gerak gerik atau pergerakan

–  Langkah yang merupakan ciri khas dalam pencak silat

–    Kembangan merupakan gerakan tangan dan sikap tubuh yang dilakukan sambil memperhatikan, mewaspadai gerak gerik musuh dan mengintai celah pertahanan musuh dan biasanya dilakukan pada awal laga

–   Buah merupakan pencak silat yang mempunyai banyak teknik menyerang dan bertahan.

–     Jurus yang merupakan rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah.

Inilah sekilas mengenai teknik-teknik pencak silat. Semoga bermanfaat

 

 

"

Comments

Leave a Reply





'