Portal Informasi STAN Nomor 1

Keyword 1

Keyword 2

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Tips Budidaya Burung Perkutut

Posted on | September 10, 2011 | No Comments

Berikut kita akan membahas mengenai tips budidaya burung perkutut  semoga  brmanfaatSebelum membahas mengenai tips budidaya burung perkutut, mari kita ketahui asal muasal burung perkutut tersebut ini. Burung perkutut atau merbuk dalam bahasa ilmiahnya yaitu geopelia  striata, familia columbidae  merupakan jenis burung berukuran  kecil yanng memiliki warna abu abu pada bulunya yang dipelihara karena keindahan suaranya yang merdu ini sehingga dipercaya dapat membuat seseorang menjadi tenang dan terhindar stress, bahkan banyak orang yang memuliakan burung ini dibandingkan burung peliharaan lain nya yang ada di dunia.

Burung perkutut masih bekerabat dekat dengan burung tekukur, burung puter dan burung merpati. Sinom merupakan sebutan bagi burung perkutut dan burung tekukur yang dipersilangkan (hibrida)  yang mepunyai suatu ciri khusus  yaitu suaranya yang indah dan memiliki pola tersendiri.

ciri morfologis dari burung perkutut adalah sebagai berikut :

–          Burung perkutut mempunyi  tubuh yang kecil dan panjangnya berkisar antara  20 – 25 cm

–          Kepalanya bebentuk bulat  kecil

–          Paruhnya panjang meruncing dengan berwarna biru keabu abuan

–          Matanya  berbentuk bulat  dengan iris  berwarna abu yang kebiru biruan

–          Mempunyai bulu  disekitar leher dan dada dengan pola garis melintang berwarna hitam dan putih

–          Bulu pad sayapnya berwarna coklat tua yang terdapat garis melintang

–          Bulu pada badan perkutut berwarna kecoklatan

–          Bulu yang terdapat pada kor burung perkutut agak panjang serta warnanya kecoklatan

–          Jarii jari  perkutut berjumlah 8 dengan kuku kuku yang meruncing jadi umlah jari di tiap kaki adalah 4

–          Jari mempunyai posisi dimana 3 jari ada  di depan dan 1 jari ada dibelakkang

–          Jari  digunakan sebagai car bertengger burung pada suatu hal seperti pohon

–          Perkembang biakan pada perkutut merupakan hal yang dinantikan, burung perkutut akan  mempunyai 2  butir  telur sekali bertelur,  jarak antara telur pertama dan kedua adalah 1  hari. Perkutut yang berada di alam bebas dengan kata lain tidak diternakan dapat berkembang biak dengan cara bertelur sebanyak  2 – 3 kali dalam 1  tahun sedangkan bagi perkutut yang di kandangkan dengan kata lain deternakandapat bertelur hingga 6 kali dalam setahun. Kenapa burung yang diternakan lebih banyak bertelur daripada yang tidak ternakan ?

itu dikarenakan perawatan terhadap burung perkutut sangat baik dan burung perkutut mengkonsumsi makanan yang cukup dan bergizi.

tips budidaya burung perkutut harus dilakukansebab burung perkutut sangat baik dalam  perkembangan dan ia termasuk hewan yang cukup jinak dan mudah beradaptasi.tips budidaya burung perkutut dapat dillakukan dengan memelihara perkembang biakan burung tersebut tanpa harus mengadakan penembakan  liar terhadap  burung tersebut. Pada dasarnya pembudi dayaan terhadap semua burung wajib dilakukan dan lebih penting adalah semua hewan.

Membudidayakan  suatu hewan merupaka cara mulia. Jika kita memelihara serta membudidayakan burung perkutut  akan membuat kita lebih mampu untuk bersikap terpuji.  Pada dasarnya membudidayakan hewan merupakan tidakan yang baik dimana ada zaman sekarang ini jenis spesies spesies langka sperti harimau, badak bercula satu, rusa, burung merak dan hewan hewan lain yang ada di dunia banyak yang mengalami kepunahan. Kepnahan adalah waktu dimana seekor organisme tidak mempunyai spesies spesiesnya lagi atau waktu dimana spesies spesies tersebut berkurang ntah itu karena mati, karena zaman,  karena  hukum alam atau karena ulah manusia seperti pembunuhan hewan liar, pemburu liar yang mengincar kulit hewaan yang diambil sebagai bahan dasar pembuat tekstil atau aksesoris  lainnya, maka dari itu kita sering kita mendengar sepatu atau tas berbahan dasar kulit harimau , kulit ular dan kulit hewan lainnya. Oleh karena itu pembudidayaan sebuah hewan sangat dibutuhkan agar hewan tersebut tidak terancam kepunahan lagipula jika terjadi kepunahan maka kita tidak akan dapat lagi melihat hewan hewan dimuka bumi ini.  Yang sekarang sedang digalahkan adalah budi daya pada burung, sebab banyak sekali penembak liar yang suka sekali menembak burung dengan alasan yang tidak jelas hanya sekedar hobi katanya.

Jika anda ingin Daftar perguruan tinggi negri 

 

"

Comments

Leave a Reply





'