Portal Informasi STAN Nomor 1

beasiswa

beasiswa belanda

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Tips dan Cara Mendapat Beasiswa kuliah Belanda

Posted on | May 15, 2012 | No Comments

Negeri Belanda banyak disebut-sebut sebagai negari terliberal di dunia. Hal ini terlihat dari perilaku masyarakat Belanda yang banyak menjalani pernikahan sesama jenis misalnya. Gerakan sosialisme pun masih menyala di negeri ini. Namun hal inilah yang menjadikan Belanda unik dan kian menarik. Termasuk pendidikan di Belanda.
Banyak pelajar dan mahasiswa di Indonesia yang tertarik melanjutkan sekolah ke negeri Kincir Angin ini. Kesempatan mendapatkan beasiswa pun terbuka lebar bagi mereka yang terus meng-update informasi beasiswa Belanda. Nah bagi kawan-kawan yang mempunyai mimpi belajar ke Belanda, berikut adalah tips dan trik nya..
ü  Memilih program studi
Pelajari dengan baik program studi yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Belanda. Jika masih bingung, kita bisa mengirimkan pertanyaan melalui website, alamat email atau alamat pos. Pilihlah program studi sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan kamu. Pastikan pula program studi yang kamu pilih memiliki reputasi yang bagus. Jika tidak, lebih baik kamu memilih negari lain atau tetap di Indonesia. Jangan hanya karena gengsi kamu memaksakan belajar di tempat yang kurang bagus walaupun terlihat keren. Karena akan menjadi kaya sensasi, tapi miskin substansi.
ü  Memilih program beasiswa
Carilah banyak-banyak informasi mengenai program beasiswa yang ditawarkan, melalui website misalnya. Setelah menentukan program beasiswa yang ingin kamu dapatkan, pastikan bahwa kamu mampu memenuhi persyaratan-persyaratannya. Lalu kamu bisa memilih universitas di Belanda yang dan program studi yang kamu inginkan menjadi tempat belajar kamu.
Namun, biasanya ada beberapa program beasiswa yang mempersyaratkan harus memiliki surat penerimaan (letter of acceptance) dari universitas di Belanda. Jadi lebih baik kamu telah benar-benar mendapatkan kepastian bahwa kamu sudah di terima di salah satu universita di Belanda. Untuk mendapatkan letter of acceptance, kamu bisa mencoba tips berikut ini :
·        Memproses pendaftaran ke Universitas yang kamu inginkan.
·        Mendownload formulir pendaftaran ke universitas di website masing-masing universitas, atau langsung saja mendaftar secara online.
·        Konfirmasi dengan pihak universitas bersangkutan jika keterangan di website universitas kamu rasa kurang jelas. Hal ini bisa juga dilakukan melalui e-mail.
·        Siapkan persyaratan – persyaratan yang diminta oleh pihak universitas.
·        Kirimkan formulir pendaftaran yang sudah kamu isi dan persyaratan yang diminta ke universitas, bisa dikirim secara online atau lewat pos.
·        Bila kamu sudah memenuhi syarat – syarat yang diminta tersbut dan diterima, biasa nya universitas akan mengirimkan letter of acceptance atauprovisional admission letter.
Kemampuan bahasa inggris biasanya juga menjadi salah satu syarat yang diajukan oleh pihak universitas. Ini bisa dibuktikan dengan menyertakan skor TOEFL/ IELTS kamu. Tapi jangan khawatir, jika skor TOEFL/ IELTS kamu belum mencukupi yang disyaratkan, biasanya pihak universitas akan mengirimkan surat penerimaan sementara dan surat ini juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa.
Tapi untuk memulai kuliah, pastinya kamu tetap butuh surat keterangan penerimaan yang resmi dari universitas. Untuk itu kamu perlu berjuang untuk mendapatkan skor TOEFL/ IELTS yang bagus dan memenuhi syarat hingga akhirnya kamu bisa benar-benar diterima di universitas yang kamu impikan itu.
Kamu harus sering-sering browsing di internet mengenai beasiswa – beasiswa ke Belanda agar jalan untuk kamu semakin terbuka lebar dengan mendaftar di banyak program beasiswa. Tapi cek juga validitas dari informasi itu dan cek tanggal berapa informasi beasiswa itu disebar. Jangan sampai kamu sudah sibuk memenuhi semua syarat yang dibutuhkan, ternyata program beasiswa tersebut sudah berlangsung tahun lalu. Hal itu akan menyita tenaga dan waktu kamu.
Kebanyakan beasiswa – beasiswa itu tidak diberikan 100% mulai biaya kuliah sampai biaya hidup sehingga kita hanya bermodal dengkul saja. Pastikan apa saja fasilitas dari beasiswa yang kamu dapatkan agar kamu bisa menghitung biaya tambahan yang nantinya kamu perlukan. Sehingga kamu bisa mebawa uang saku lebih dari rumah. Atau jika tidak, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan disana. Tetapi kamu tetap harus fokus dengan tugas studi mu di Negari impian banyak orang itu. Selamat mencoba tips-tips diatas dan semoga sukses..:)
"

Comments

Leave a Reply





'