prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Tips dan trik menghadapi ketatnya persaingan USM STAN

Posted on | August 9, 2012 | No Comments

Tips dan trik menghadapi ketatnya persaingan USM STAN

Untuk menghadapi persaingan USM STAN dibutuhkan strategi tersendiri karena peluang untuk lulus USM STAN sangatlah kecil dari tahun ketahun biasannya dibawah 3%. Bahkan ditahun 2011 peluang masing masing siswa untuk lolos USM STAN hanya 0,73%. Angka yang sangat kecil memang untuk persaingan mendapatkan sebuah tempat kuliah. Bebrapa hal yang harus kamu lakukan untuk bisa lolos USM STAN adalah

1.     Perbanyak praktek dan latihan

Praktek dan lakukan latihan soal soal stan setiap hari. Kamu harus lakukan belajar sesering mungkin dan belajar dengan maksimal, cara mengoptimalkan belajar kamu adalah dengan menganggap belajar itu seperti bekerja. Bekerja adalah 8 jam sehari dan selama 5 hari dalam seminggu, jadi selama hari senin-jumat kamu belajar dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, sedangkan hari sabtu dan minggu kamu bisa libur. Jika kamu ingin menambah waktu lembur juga bisa. Hehe.. trik ini bisa dilakukan karena setelah ujian nasional  Rata rata siswa lulusan kelas 3 sma meenjalani libur panjang, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar.

2.     Ulangi mengerjakan soal yang sama berkali kali

Jangan pernah puas mengerjakan soal soal STAN hanya 1 kali saja tetapi lakukanlah minimal satu soal 4-5 kali dikerjakan. Sehingga kamu akan hafal diluar kepala cara mengerjakan soal tersebut dengan mengulang ulangnya sampai hafal maka kemungkinan ketika keluar tipe soal yang sama kamu akan mudah untuk mengerjakannya

3.     Kejar nilai setinggi mungkin

Semakin tinggi nilai kamu maka semakin besar peluang untuk lulus USM STAN, pertahankan dan kejar nilai diatas 400 karena dengan nilai diatas 400 peuang kamu semakin besar untuk lulus STAN. Untuk mengukur nilai kamu ikutilah tryout karena tryout bisa membantu kamu untuk selalu semangat mengejar nilai tertinggi. Tryout juga bisa membantu kamu untuk mengetahui berapa nilai sainganmu, jika nilai sainganmu tinggi tinggi maka kamu juga harus punya nilai lebih tinggi dari sainganmu. Karena kalo nilai mu lebih tinggi jelas kamu yang akan lolos STAN kan. Jika kamu ingin rajin ikut tryout Salah satu yang aktif mengadakan tryout setiap minggunya adalah www.tryoutnasional.com kamu bisa melakukan tryout secara online disini.

4.     Dapatkan materi materi STAN dan kelompokan materinya

Pelajari materi materi stan secara sistematis caranya adalah kelompokkan per bab kemudian kamu pelajari dari bab yang paling mudah ke bab yang sulit. Cara ini sangat efektif untuk belajar karena dengan menyadari apa saja materi yang diujikan kamu akan bisa memetakan langkah langkah ketika mengerjakan soal stan.

Untuk mengingat materi dan mudah mempelajari serta menghafalnya kelompokkan setiap bab yang akan kamu pelajari. kamu bisa dapatkan materi ini di www.materistan.com baik materi TPA dan Bahasa inggris dengan contoh soalnya.

Misal.

Kamu akan belajar subjunctive

Cari materinya :

Subjunctive/angan-angan digunakan untuk menyatakan/mengungkapkan harapan yang tidak dapat terpenuhi.

  1. Subjunctive wish

-                Future

Rumus :  S¹ + wish + S² + could/would + V¹/be

  Contoh: I wish you would stop saying that.

                    (saya berharap kamu akan berhenti mengatakan itu)

                     I wish she would come to my party to night

                     (saya berharap dia akan dapat datang ke pesta saya minggu ini)

-          Present

Rumus : S¹ + wish + S² + V2/were

    Contoh : I wish you were old enough to marry me.

          (saya berharap sekarang ini umurmu cukup tua untuk menikahi saya)

           They wish they didn’t have to go to school today.

          (mereka berharap sekarang ini mereka tidak harus pergi sekolah)

kelompokkan soal dan jawabanya nya

Contoh soal

1. rust can deteriorate a steel pipe to such an extent that it will snap easily…… it were a twig.

A. if

B. unless

C. as though

D. although

2. Agus looked awful because of his lacking of sleep. He wished……

A. he had not stayed up so late

B. he would have not stayed up so late

C. he stayed up so late

D. ha had been stayed up so late

Jawaban  :

  1. C. As though = seolah – olah / seakan – akan
  2. A. Subjunctive wish.

Struktur kalimat : S + wished + S + had V3 (past perfect). Dalam hal ini menunjukkan harapan yang bertentangan dengan fakta masa lampau..

Namun bila kamu kesulitan mengelompokkan kami merekomendasikan www.materistan.com karena disana kamu akan mendapatkan materi baik bahasa inggris dan TPA yang sudah disusun secara sistematis dan enak dipelajari

Baca Juga

Tips Mudah Menghadapi Bahasa Inggris STAN

"

Comments

Leave a Reply