Portal Informasi STAN Nomor 1

universitas negri

universitas di indonesia

prodip-stan.info

Portal Informasi STAN Nomor 1

Universitas di Indonesia

Posted on | April 2, 2012 | No Comments

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang sedang berusaha meningkatkan kualitas SDM-nya dengan bekal ilmu. Menyediakan fasilitas untuk menuntut ilmu adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, salah satunya adalah dengan mendirikan universitas. Tiap tahunnya, ada banyak daftar universitas baru bermunculan, baik negeri atau pun swasta. Begitu pula dengan peringkat universitas tersebut, berubah-ubah dari waktu ke waktu. Namun, dari banyaknya universitas yang mengalami fluktuasi peringkat, ada tiga nama universitas yang bisa dikatakan stabil peringkatnya dan selalu mendominasi peringkat tertinggi dalam jajaran universitas di Indonesia serta telah mendapat pengakuan dari internasional. Ketiga universitas terbaik  sepanjang di Indonesia tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ketiga universitas besar di Indonesia tersebut memang sudah lama berdiri. Tapi ketiganya mampu mempertahankan kualitas pendidikannya. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas kampus yang lengkap dan menunjang kegiatan mahasiswanya serta lulusan yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk lebih mengenal tiga universitas terkemuka di Indonesia tersebut, berikut urainan singkatnya.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM terletak di Provinsi Yogyakarta. Provinsi memang dikenal sebagai kota pelajar. Dan di kota inilah universitas negeri yang pertama didirikan pada 19 Desember 1949 dengan nama Universitas Gadjah Mada ini. Rektor pertama UGM adalah Prof. Dr. M. Sardjito.

Pada saat didirikan, situasi politik Indonesia sedang tidak baik. Pada awal mula pendiriannya, kondisi Yogyakarta masih dalam keadaan pasca Agresi Militer II Belanda. Oleh karena itu, proses pendidikan otomatis terpaksa dihentikan karena sumber tenaga yang ada dikerahkan untuk berperang, termasuk para guru dan murid. Tak jarang pula tempat pendidikan yang hancur akibat perang.

UGM merupakan gabungan dan pendirian kembali dari macam-macam balaik pendidikan, sekolah tinggi, ataupun perguruan tinggi yang ada di daerah Yogya, Klaten, dan Surakarta. Pada awalnya UGM hanya memiliki fakultas teknik, kedokteran, pertanian, kedokteran hewan, hukum, dan sastra dan filsafat.

  1. Universitas Indonesia (UI)

UI  adalah universitas yang berada di Depok. Namun, sebenarnya UI memiliki dua kampus utama, yakni di Depok (Jawa Barat) dan di Salemba (Jakarta).

Sejarah berdirinya UI diawali pada tahun 1851, zaman kolonial Belanda. Saat itu, pemerintah Belanda membutuhkan tenaga asisten dokter tambahan. Untuk itulah para pelajar yang terpilih dididik selama dua tahun yang mendapatkan pelatihan dokter dengan gelar Dokter Jawa. Seiring berjalannya waktu, lembaga pelatihan dokter ini turut mengalami perubahan. Pada 2 Februari 1950, lembaga pendidikan ini disahkan dengan nama Universitas Indonesia. Rektor pertamanya adalah Ir. R.P. Soerachman Tjokroadisoerio. Sejak berdirinya hingga kini, UI tetap menjadi universitas kebanggan dan menjadi maskot pendidikan tinggi di Indonesia.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB dikenal sebagai kawah candradimuka orang-orang jenius. Tokoh sukses yang berasal dari universitas ini adalah Ir. Soekarno dan B.J. Habibie. Institut bergengsi ini berada di Bandung.

Pada mulanya ITB tidak langsung berdiri, tapi melalui proses rintisan. Bermula pada 3 Juli 1920 dengan nama Technische Hooge School (THS) Bandoeng. Sekolah teknik ini dirintis dengan tujuan mempersiapkan kebutuhan akan ahli teknik yang mungkin akan mulai sulit didapati akibat perang dunia pertama. Saat Jepang yang menduduki Indonesia, sekolah teknik ini berganti nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku (BKD). Lalu pada tahun 1945 menjadi Sekolah Tinggi Teknik Bandung.  Akhirnya, ITB didirikan pada 2 Maret 1959. Dengan berdirinya ITB maka menandai berdirinya sekolah khusus teknik di Indonesia. Walaupun bangunan di ITB banyak terdiri dari bangunan kuno, tapi sekolah teknik ini memiliki beragam fasilitas yang mumpuni.

biaya masuk Universitas Indonesia

Perguruan Tinggi Indonesia di Top 300 Universities in the World

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Biaya Bantuan Pendidikan Bidik Misi

Manfaat Program Beasiswa S2

penerimaan mahasiswa universitas negeri

 

"

Comments

Leave a Reply





'