Tips Belajar Matematika SMA

Tips belajar Metematika, Anda musti tahu potensi dan posisi atau cara dan model belajar yang cocok dan Anda rasakan berguna unntuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Belajar matematika pada dasarnya tidak terlalu sulit, karena dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar matematika, atau sering juga disebut belajar berhitung, dapat mengasah daya pikir dan kreatifitas siswa untuk lebih berkembang dan memiliki wawasan yang luas.

Dengan belajar matematika, kita bisa membuat pesawat terbang; membuat senjata nuklir; atau meramalkan kehidupan di masa datang. Namun anehnya, kita jarang menganggap matematika sebagai pelajaran favorit. Dari pengamatan penulis, paling tidak ada empat alasan kenapa murid tidak menyukai pelajaran matematika ini, yaitu:

  1. memusingkan;
  2. sangat sulit;
  3. malas karena tidak bisa;
  4. lebih menyukai IPA daripada matematika;

Lalu, bagaimanakah agar kita bisa lebih menyukai pelajaran ini? Berikut adalah beberapa tips yang ingin saya bagikan dengan teman-teman.

  1. Kenali dan pelajari matematika dengan penuh rasa ingin tahu;
  2. jangan menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Hadapi dengan senyuman dan yakinkan dalam hati bahwa kita mampu menguasainya;
  3. hargailah guru yang mengajarkan matematika dengan tetap mengedepankan sikap dan berpikir kritis;
  4. aktiflah dalam pelajaran dengansering sering mengajukan pertanyaan pada guru;
  5. belajarlah dengan giat dan tekun dengan selalu berusaha menyelesaikan latihan-latihan yang diberikan guru sesering mungkin agar pemahaman kita semakin meningkat, seperti kata pepatah“Alah bisa karena biasa”;
  6. jadikan matematika ini sebagai teman bermain;
  7. Belajar Matematika tidak Seperti Menonton Olah Raga, kamu harus aktif ketika diterangkan guru.
  8. Pahami Prinsip Dasar itu Matematika
  • Untuk menguasai beberapa konsep matematika, menghapal rumus itu tidaklah cukup. Tentu berbeda halnya ketika Anda akan menghadapi tes pelajaran sejarah. Cukup menghapal nama, kejadian atau peristiwa sejarah atau waktu berupa sekumpulan tanggal, bulan dan tahun, sepertinya Anda bisa melewati tes itu dengan baik.
  • Selain menghapal beberapa rumus, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan rumus itu, termasuk darimana rumus itu ditemukan (penurunannya), atau batasan-batasan apa saja yang harus dipenuhi agar rumus itu bisa digunakan dengan tepat.

9. Matematika itu Ilmu Terstruktur

  • Matematika adalah ilmu terstruktur dan bertingkat. Hampir semua materi matematika yang akan Anda pelajari itu saling berkaitan. Untuk bisa memahami beberapa konsep lebih tinggi diperlukan pemahaman terhadap konsep di bawahnya. Sehingga agar tidak bermasalah dengan beberapa konsep di level yang lebih tinggi, konsep-konsep di level sebelumnya itu harus dikuasai dan tidak boleh dilupakan.

 

  1. jadilah pembelajar yang aktif dengan mengikuti semua pelajaran matematika baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Carilah produk pembelajaran yang mendukung kamu belajar
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *